Profil Peterpan


Peterpan
Latar belakang
Lahir Bandung, Indonesia
Genre Pop, Rock
Tahun aktif 2000 – sekarang
Perusahaan rekaman Musica Studios
Situs resmi http://www.peterpanband.com
Anggota
Nazril Irham (Ariel)
Mohammad Kautsar Hikmat
Ilsyah Ryan Reza
Loekman Hakim
Mantan Anggota
Andika Naliputra Wirahardja
Indra

Perjalanan karier

 Awal terbentuk

Pada tahun 1997, Andhika (kibor) membentuk band Topi dengan mengajak adik kelasnya di SMU 2 Bandung, Uki (gitar), serta teman mainnya, Abel (bas) dan Ari (drum). Uki pun mengajak teman SMP-nya Ariel yang mengisi posisi vokal. Dengan formasi seperti itulah, mereka mulai manggung dan memainkan musik beraliran Brits alternatif. Kemudian Ari mengundurkan diri dan Topi pun bubar tanpa sebab yang pasti.

Andika mengumpulkan kembali personel Topi di tahun 2000. Namun kali ini, posisi drum dipegang oleh Reza. Untuk memberi warna musik yang lebih dewasa dan lebih kaya melody, maka diajaklah Loekman, teman kakak Indra, yang akhirnya jadi lead guitar (gitar utama). Setelah terbentuk dengan formasi enam orang, mereka pun mengambil nama peterpan. Tanggal 1 September 2000 secara resmi peterpan terbentuk.

Perjalanan profesional peterpan dimulai tahun 2001 dengan merambah dari café ke café di Bandung. Mereka bermain di café O’Hara dan Sapu Lidi dengan membawakan lagu-lagu top 40, serta alternative rock seperti Nirvana, Pearl Jam, Cold play, U2, Creed, dll. Saat di café Sapu Lidi-lah potensi mereka terlihat oleh Kang Noey (basis Java Jive) yang sedang mencari band untuk mengisi album kompilasi. Dari tiga lagu yang dikirim untuk demo, “Sahabat”, “Mimpi Yang Sempurna”, dan “Taman Langit”, terpilih lagu “Mimpi Yang Sempurna” untuk dimasukan ke album kompilasi Kisah 2002 Malam yang dirilis Juli 2002. Tak disangka lagu tersebut menjadi jagoan album ini dan mendongkrak penjualan sampai di atas 150.000 kopi.

Taman Langit

Perusahaan rekaman Musica Studios pun tak melewatkan potensi peterpan. Musica mempercepat pengajuan kontrak untuk debut album peterpan. Akhirnya debut album peterpan bertajuk Taman Langit dirilis bulan Juni 2003. Tak dinyana, album itu mampu terjual di atas angka 650.000 kopi. Atas prestasi tersebut, mereka menerima Multi Platinum untuk album Taman Langit.

Tak hanya jumlah penjualan, peterpan juga sukses mencetak rekor konser maraton di enam provinsi dalam tempo 24 jam pada tanggal 18 Juli 2004. Konser bertajuk “LA Lights Peterpan 24 Jam Breaking Record” itu dimulai di Medan, Sumatra Utara sekitar pukul 07.55 sampai 08.40 WIB. Dari sana, mereka lalu melanjutkan di Padang, Sumatra Barat sekitar pukul 10.45 hingga 11.30 WIB. Pada jam 12.55 hingga 13.40 WIB, Peterpan konser di Pekanbaru, Riau, terus Lampung pada jam 16.25 sampai 17.10 WIB. Ariel lantas membuka konser di Semarang, Jawa Tengah, sekitar pukul 19.45 dan berakhir pada 20.30 WIB. Konser Peterpan ditutup di Surabaya sekitar pukul 22.15 sampai 23.00 WIB. Atas prestasinya ini, mereka berhak dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Bintang di Surga

Tak lama menanti, peterpan kembali merilis album ke-2 bertajuk Bintang di Surga di bulan Agustus 2004. Dalam waktu 2 minggu, album itu telah terjual 350.000 kopi, dan di awal Januari 2005 telah menembus 1,7 juta kopi. Album yang menjagokan “Ada Apa Denganmu” ini sebulan kemudian (Februari 2005) menembus 2 juta kopi. Dan menurut catatan, album kedua peterpan ini mampu terjual sebanyak 3 juta kopi. Nilai yang cukup fantastis, mengingat saat itu sang vokalis, Ariel sedang tersandung masalah. Ariel dikabarkan telah menghamili mantan kekasihnya, Sarah Amalia.

Tahun 2005 juga menjadi tahun ‘kejayaan’ bagi peterpan, tak hanya dari sisi penjualan album, tapi juga penghargaan. Di awal tahun 2005, peterpan telah meraih penghargaan sebagai artis favorit Indonesia di MTV Asia Aid pada tanggal 9 Mei 2005 di Bangkok. MTV Asia Aid adalah nama lain ajang MTV Asia Awards 2005 yang bisa digelar rutin tiap tahun. Perubahan ini sebagai bentuk kepedulian MTV Internasional atas bencana gempa dan gelombang tsunami yang menerjang di 11 negara, 26 Desember 2004.Dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2005, peterpan menempati urutan teratas nominasi dengan memperoleh 11 nominasi. Empat di antaranya dicetak lewat lagu “Ada Apa Denganmu”. Dari 11 nominasi itu, peterpan memenangkan 7 penghargaan, antara lain untuk gelar band terbaik, album terbaik, grafis desain album terbaik dan karya produksi terbaik, semua itu berkat album Bintang di Surga. Pada ajang SCTV Music Awards 2005, peterpan mendapat penghargaan di kategori Album Pop Group Ngetop dan Lagu Paling Ngetop. Setelah tahun sebelumnya juga mendapat Group Pendatang Baru Terngetop. peterpan juga meraih kategori Band Paling Ngetop di SCTV Award 2005

Di tahun 2005, peterpan kembali merilis 2 album. Meski kali ini mereka tidak merilis album ‘utama’. Yakni VCD Untuk Sahabat Peterpan yang berisi Orginal VCD Karaoke termasuk video klip serta dokumentasi saat mereka melakukan breaking record konser selama 24 jam di 6 kota. dan album soundtrack film Alexandria.

Perpecahan

Pada tanggal 4 November 2006, Andika dan Indra, resmi keluar dari anggota band. Kedua mantan personil ini pada akhirnya membentuk kelompok lainnya yang diberi nama The Titans.

Pasca keluarnya Andika dan Indra, posisi mereka ditempati oleh dua pemusik tambahan, yaitu Lucky dan David. Dengan formasi tambahan ini, Peterpan merilis, Hari yang Cerah. Acara launching album ini juga dibuat lain karena dilakukan di dua negara. Di RUUMS Kuala Lumpur pada 25 Mei 2007 setelah itu di Bandung di Monumen Pahlawan Gazebo dan disiarkan secara live di 6 stasiun televisi.

Album ini diklaim sebagai album terakhir mereka dengan nama “Peterpan”. Ariel mengklaim bahwa pada akhirnya mereka akan melepaskan nama Peterpan dan menggunakan nama lainnya.

Meski tanpa foramsi utuh seperti dulu, peterpan masih mampu memperlihatkan ‘taring’nya. Di bulan September 2007, mereka mendapat kehormatan untuk mengikuti acara “Song Festival” di Korea Selatan. Sebelumnnya, peterpan juga masih mampu mengantongi penghargaan sebagai Best Favorite Artis Indonesia MTV Asia Award 2006 dan Album Pop Group Ngetop SCTV Music Award 2006.

Kerusuhan di konser

Sama seperti grup band tenar lain di Indonesia, konser peterpan pun tak lepas dari masalah. Pada tahun 2006, saat konser di stadion Harapan Bangsa Lhongraya Kota Banda Aceh tanggal 22 Februari 2006, sedikitnya 30 orang penonton pingsan, terbanyak diantaranya adalah remaja putri. Tak hanya itu, konser ini pun dinilai melanggar undang-undang Syariat Islam yang telah diberlakukan secara kaffah (menyeluruh) di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) karena bercampurnya penonton pria dan wanita di dalam lapangan pertunjukan.

Akibat kerusuhan saat konser bukan hanya menimpa penonton, tapi juga anggota band yang tampil. Hal ini terjadi saat peterpan konser di Stadion Bima Cirebon, 11 April 2006. Hujan batu dilemparkan para penonton tak berkarcis di luar Stadion, akibatnya tak hanya belasan penonton dilarikan ke berbagai rumah sakit akibat lemparan batu, tapi juga sang vokalis, Ariel, yang tak luput dari hujan batu tersebut. Ariel terkena lemparan di bagian dada sehingga langsung diamankan ke luar Stadion. Akibat peristiwa itu konser menjadi terhenti di saat peterpan membawakan lagu kelimanya “Mungkin Nanti” sekitar pukul 20.30 WIB.

Album

Penghargaan

 Tahun 2002

  • Rookie of the Year 2002 versi Majalah Hai

 Tahun 2004

  • Group Pendatang Baru Terngetop SCTV Music Award
  • Triple Platinum Album Taman Langit
  • Rekor MURI – Konser 6 Kota 24 Jam – 18 Juli 2004

Tahun 2005

  • Best Favorite – Artis Indonesia MTV Asia Award – Februari 2005
  • Album Pop Group Ngetop SCTV Music Award – Mei 2005
  • Lagu Paling Ngetop, SCTV Music Award – Mei 2005
  • Band Paling Ngetop di SCTV Award – Agustus 2005
  • Penjualan Album Terbaik Sepanjang Tahun, MTV Music Award – September 2005
  • Grup pop terbaik melalui lagu “Ada Apa Denganmu” AMI Awards 2005 – November 2005
  • Lagu pop terbaik “Ada Apa Denganmu” AMI Awards 2005 – November 2005
  • Band Pop alternatif terbaik melalui lagu “Kukatakan Dengan Indah” AMI Awards 2005 – November 2005
  • Album Terbaik Bintang di Surga AMI Awards 2005 – November 2005
  • Grafis desain album terbaik Bintang di Surga AMI Awards 2005 – November 2005
  • Karya produksi terbaik Bintang di Surga AMI Awards 2005 – November 2005
  • Anugerah Carta Era – Lagu Rock Pilihan & Carta Terbaik

 Tahun 2006

  • Best Favorite – Artis Indonesia MTV Asia Award – April 2006
  • Album Pop Group Ngetop SCTV Music Award – Mei 2006

 

71 Tanggapan to “Profil Peterpan”

  1. Ariel u adalah vocalis t’cool,tampan,gaul,fresh etc,smuanya ada di kamu dech,
    ril,album terakhir ini sgt gokil abis,

    • bang ariel q kngn nhe ma suara_y abang ariel

  2. Ariel dkk walaupun ntar u ganti nama band aqu akn tetep suka ma karyá2mu,pazti doNk,iya doNK.g mungkin bgetz dE AQ g ngeFans mA u,
    secARA..
    BAND LAIN YO..Gak enak tak dger di telinga aqu,

    • egp emang gua pikiri

  3. Ariel………… aku suka bgt m xm, wlaupn bnd xm mo gnti nma, aq te2p suka ma lagu2 rmntismu,, tp kapan konser di BLITAR???????? smpai kpn pn aq tgG k’dtnganmu di BLITAR………………

    • AKU GAK suka omongan kamu setresloe

  4. Hidup ARIEL dan kawan2 tetap semangat, aoalah arti sebuah nama yg penting bisa menghasilkan karya yg bagus……….

  5. Ariel,uki,reza,lukman Semuanya kereeeeen.Aku seneng bgt ma PETERPAN,rasanya Dunia sepi bgt klo aku gak denger lagu PETERPAN…….lebih tepatnya klo gak denger suara ARil……..O….h my GOD….PETERPAN DAHSYAT BAGET…………………………………

    • peterpen itu bagus gak cocok ama lu

  6. ariel,uki,reza,end lukman kapan sich nama barunya peterpan diganti?

    • bTuLLL baNgeD…..!!
      peTeRpaN maW gaNti naMa…
      But, kaPan y…..
      koQ kaYaknYa laMa baNgeD cii….??!
      g saBaR deCh..jaDinYa….!!!

  7. q sahabat peterpan dari tahun 2000

    abisssssssssss lagu2nya bagus,enak didengar

    selain itu personilnya keren2 abiessssssssssssssssss……………………

  8. sabar aja ye??? ntar jg bakal diumumin klo dah ganti nmnya!!!!

    • kapan pun Peterpan ganti nama w bakalan nunggu .coz w g bakalan pernah lupa ma band legenda nieee

    • masa laki-laki suka sama laki-laki brarti jeruk makan jeruk donk
      gak level

  9. “PETERPAN..”

    I’LL ALWAYS LUV IIU…….

    aq sih bersaran kalo nama band baru kaliand ittu…..

    band cinta indonesia……

    heheh…..gw ngaco…..

    maaph iia ariel dkk……

    jgn di cerai lho dari anggota fans clubnya peterpan…….

    hehehehe

    • maju terus kalau nabrak gimana

      heheheheheheh……………..

  10. TOP banget dEh….
    bNer banget….
    kLo gk ada PeTerpaN dUnia maH gK asIk…
    sEpi….
    sEcara PeTerpaN baNd pLing beda d anTara banD LaennYa…
    MAJU TERUS PETERPAN………
    ALWAYS dKung kMU…..
    SUKSES Buat PETERPAN….

    bY : Fans PeTerPaN

    • Betul bangettt tuh peterpan emang bisa ngebuat para pendengarnya lebih hidup .Bagi para sahaaabat peterpan dunia atau kota yg loe tinggal bakalan jadi kota mati klu loe g denger lagu peterpan d sana.luv u peterpan

      • I jga ngefens sama peterpen tapi gak gitu juga kkkkkkkkaleiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii……………………

  11. gw PaLing suka ma Lagu bRunYa….
    DILEMA BESAR………
    wahh MerindIng dEgh kLo denger ne Lgu …

  12. fghaerfgharw

  13. peterpan adalah my live w bangetzzzzz!!!!
    semua lagu y w suka
    wat peterpan.jangan pernah berhenti yberkarya
    N wkan dukung truzzzz kalian

  14. peterpan adalah my live w bangetzzzzz!!!!
    semua lagu y w suka
    wat peterpan.jangan pernah berhenti y berkarya
    N w kan dukung truzzzz kalian

  15. Ihhhhhh w sukaaaaa banget ama band legenda iniiii.peterpan bener-bener dah bikin hidup w berwarna . Walaupun banyak sekali band-band lain peterpan selalu mendapat tempet yg terbaik dan terindah di hati w.TRIMS petrpan

  16. peterpann my favorite band .wat para sahabat petrpan jgn berhenti mendukung petrpan yachhhhh

  17. sampai kapn pun PETERPAN kan slalu di hati q

    wlau pun kan ganti nama PETERPAN kan slalu di kanang bgi SAHABAT PETERPAN di dunia

    smoga dgn nama bru , pestasi na kan lebih dari PETERPAN skaran ni

    aAAAAAAAmmmmmIIIIIennnnnnn

  18. ariel dkk,
    semoga slalu sukses walau pun peterpan ganti nama.
    sekali lagi…
    good luck PETERPAN

  19. I Love u peterpan …………….

    aku nefens peterpan dr 2001 samapai sekarang w masih tetep ngefens.

    peterpan dah gak bisa lagi hilang telinga olang di indonesia.

    apalagi buat Arie, Lukman, Reza, Uki. kalian kren bgt.

    cuman band ini yang w suka gak ada yang lain

    apapun radionya nyalainnya ya peterpanlah. bapak-bapak. ibu-ibu peterpan

    ganti nama gak masalah kan itu cuman pormaliytas yg penting lagunya enak dan olang oalangny enak ..

  20. Lam kenal dari kami LAHUTA Band
    kami salah satu fans berat Peterpan khususnya saya vokal dari Lahuta ngefans banget dari sejak album pertama.sampai 2 kami sering bawaain lagu peterpan setiap kali manggung.apalagi setelah adanya lagu “cobalah mengerti” kami sering bawain dengan aransemen kami sendiri.siapa saja dari personil peterpen yang baca pesan ini mohon konfirmasinya ke “Camplahuta@ymail.com”. Apakah kita bisa jumpa ?
    saya tunggu konfirmasinya
    sangat besar harapan saya untuk ketemu langung Aril.

  21. tanta disengaja ternyata tanggal lahir saya sama aril sama “16 september 1985”.pengen banget rayaan bareng sama aril

  22. AriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeeeeeeL,,,
    pengen banget neyh rasanya bisa ktemu ma ariel ,,
    tau ga cieh va ntu dari SD ngefens ma ka ariel ,,

    mudah – mudahan jahh ,, peterpan tambah cOoL and tambah mAju Walaupun skarang personil nyahh dah b’kRang ,,
    tpi va yakin banget kalo musisi seperti ka ariel ini bisa bikin seluruh dunia bangga sama KK ,,

    jangan lupain va ya ka ,,
    oia va juga salah satu fens nyah mb LUnA MaYa Loh ,,
    va seneng ko kedekatan kalian ,, UpSs map yay kalo ada kata – kata yang tidak berkenan di hati ka ariel ?????????????

  23. ka AriL ,, vA m SdrA bNr” nGfNs m PtP ,,

    Qta b’2 sLL kMpAk ,,

    pa Lg Qta b’2 py sLerA Lgu yG sM ,,

    dAn pStinYa GrUp bAnD yG sM ,,

    PETERPAN gTo Loh ,,

    kAmI kNL PTP dR KaMi MsH SD ,,

    Wkt NtU Lg hBoH bNgEt LgU kk yG b’JuDuL : MIMPI YANG SEMPURNA ,,

    Oia nAmA sDraKu nTU anEh ,, hehehe ,,

    pSt PnAsAraN kAn ???

    NaMa NyaHH

    DEWI SUBADRA Hahahaha ,,

    kLO vA c BgUs ,,

    FANNI ELSA FATHEHA ,,
    wLaUpN bLaKaNgnYh AnEh gToO,,

    Tp nTu kAn LamBanG isLam ,,,,, heheheeh

  24. haii ka ktmu lg breng vany di sini ..,,
    peterpan is the best ,,,

  25. mgo SukSs Sllu

  26. thank you?????????????????????????????????????????

  27. bwt sahabat peterpan tetep dkung peterpan ok
    semangat bwt peterpan

    • g0 peTeRpaN………..!!!!!!!!!!!!

  28. sukses trus bwt pergantian nm nya.aril k palembang dong

  29. peterpan sekarang koq agak suram ya?????apa karena ada st12 band?
    tapi alhamdu masih ada fans yang tersisa n lagunya masih bagus

  30. beRjUan9 teRuZ y……….. bwaT peRgaNtiaN naManYa………..
    mun9Kin meNcaRi naMa iTu gaK gaMpanG..!!
    buTuH waKtu Lama bWat meNcaRi Nama yanG baGuZ….
    TaPi… keNaPa haRuz gaNti naMA cii….????

    ButH,,,,,
    PETERPAN…iS tHe beSt….!!!

  31. peterpan kapan ganti namanya??????

    dah ga sabaran niehhh….

    truz knp harus gnti nama??

  32. ARIL MANK OK

  33. dah Tnang Aja Para Shbat Peterpan, w Tau Kok predksi nama Bru Pterpan, yaitu FEATHER BAND, N nma Fansnya FEATHER FRIENDS Comunity, Kan Yg Nyranin W, wkwkwkwkwkw < Sory W cma KIDDING, Jngan Pda Mrh Y

  34. ARIEL kamu harus semangat dan tetap exis di dunia musik indonesia from:penggemar beratmu

  35. wah kpn nich peterpan launching album bru, sahabat udh nggak sabar!

  36. waduch basecamp peterpan da pindah ne pntes td q dtg jauh2 dr palembang kgak da org d basecamp ,untung da yg ngsh tw alamat basecamp peterpan yg bru cri lgsg nyri dah td .

    tp syg bgt bang ariel.,uki,lukman,n reza na ga da .jd smp ckrg lon ktm ..
    we pgn bgt ne ktmu scr lgsg cos we sahabat peterpan bgt .smp kpn ya q hrs mnggumu ..

  37. kt org yg d basecamp td siang bang ariel,uki,lukman ,n reza rekaman ne d jakarta jd we mo nyusul ne k jakata biar mimpi we selama ni bsa ksampean n q ga sia2 jauh2 dtg dr palembang mo ktm peterpan ..

  38. ”hai sahabat2 peterpan,slm knal aj….”kpn nieh launcing album dan nama barunya,,,,,??????sahabat2 peterpan,dah merindukan mu,dngan penampilan baru mu,,,,,,,,,,,,,????????by ”demiz sakaruhun”

  39. peterpan kapan ngeluarin album baru !!!?
    aku kangen bgt ma kalian ……..

  40. kpan peterpan album brunya

    qw tnggu

    hamid di smd

  41. mana album barunya gw tunggulo….!

  42. Buat ariel,uki,lukman dan reza.
    Tak kan lelah aku menanti.tak kan hilang cintaku ini.hingga saat peterpan baru kembali………..

  43. sekarang ariel hancur kariermu karena kontolmu yang ga punya mata……
    liat cewek cantik langsung km entot……buat fans ariel peterpan makan tuh kontolnya ariel he…….he……..

    • jangan sembrono ngomong yang namanya timbul 83? fuck u bul?

  44. Sekarang lagi tersangkut perkara yah … takut2 ganti nama band sih ..

  45. buat ariel karyanya nya memang patut di perhatikan baik karya “benar” maupun yg “buruk”. untuk ariel kami penggermar mu selalu menantikan karyamu kami bukan orang munafik kami senang melihat karya mu. jangan menyerah tunjukan kedewasaan mu.

  46. buat peterpan selamat ulang tahun semoga tambah jaya n aq tnggu lagu barux cz aq pgen ndgrin album peterpan walaupun bukan nama peterpan lagi tapi aku tetep ngefans sama PETERPAN .aku berharap masalah yang di alami ariel cepat selesai biar PETERPAN eksis lagi di blantika Musik Indonesia…………..

    SELAMAT ULANG TAHUN PETERPAN yg K-10 ………sahabat PETERPAN

  47. sy salut dgn kreatifitas bermusik grup band peterpan, sehingga mendapatkan berbagai penghargaan! tp sayang di kotori dgn vokalisnya yg “PK” (penjahat Kelamin)! sy berharap dgn hukuman yg di berikan dia bisa berubah dan terus berkarya!

  48. q tnggu ARIEL FREEDOM mpe kvant punt
    . cz d dunia nie gx da org yg chebat kha NAZRIEL IRHAM
    ….. luvTh ARIEL FOREVER …………………..
    ARIELEA*

  49. ariel aq ttp berdo’a tuk kbbsan mu dan jika peterpan brgnti nma aq akn ttp jadi fans setia klen mga nma bru nti bsa nyamai kesuksesan peterpan, amin………

  50. Buat Ariel semoga sehat” saja di dalam sel tahanan.dan Aku berharap setelah Kamu bebas nanti Kamu bisa kembali kedunia hiburan dan tunjukan pada insan musik Indonesia bahwa karya” Peterpan tak akan hilang sampai kapan pun.

  51. sy brdo’a smoga ariel cpt slesai dr smua mslahny.,
    dan kmbali mngisi dunia musik di Negeri Tercinta Indonesia.,
    sukses slalu bwt ariel dan kawan2….?
    q akan slalu tnggu kalian….!

  52. PETERPAN IS THE BEST..SELALU DIHATI…
    Sahabat peterpan jakarta …

  53. buat Ariel DKK,kmi slalu da untk klian (Sahabat peterpan Pasuruan
    )

  54. terus berkarya . aq akan menunggu karya karya musik peterpan . karya yang sangat menyentuh hati .

  55. cepat lah kembali………….dan konser lagi di sumatera barat

  56. cepat lah kembali…………dan konser lagi di sumatera barat

  57. ku tunggu kedatangan peterpan di sumatera barat…………

  58. mudah-mudahan peterpan bisa kmbali jaya sperti thun sbelumnya amin.. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

  59. ariel dkk trus lah berkarya,smga kesuksesan kalian selalu dalam lindungan allah amiiiinnn,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: