Linux Mint


Linux Mint

Linux Mint adalah sebuah distro Linux Live CD yang diturunkan dari distro Ubuntu, dengan tujuan untuk memproduksi sebuah distro dengan desktop yang elegan, up to date, dan nyaman digunakan. Linux Mint didesain untuk berjalan out-of-the-box dengan semua fasilitas yang telah terinstall di dalamnya. Versi terbaru distro ini adalah versi 4.0 dengan kode Daryna yang dirilis kemarin pada tanggal 30 Mei 2007.

Mint 3.0 diturunkan dari Ubuntu Feisty Fawn, jadi semua paket aplikasi Ubuntu Feisty kompatibel dan bisa diinstall di Linux Mint 4.0 ini. Kesan pertama pada booting awal, logo Linux Mint sudah berganti berbeda dari rilis sebelumnya. Masuk ke desktop, Mint masih memiliki pola dan corak warna yang sama yaitu paduan warna hijau dan biru. Sayangnya instalasi distro ini cukup lama di komputerku, memakan waktu sekitar 1 jam untuk selesai dikarenakan CD yang kupakai memang sudah kotor dan agak cacat, karena memang terpaksa tinggal satu itu CD-nya tapi jika biasanya dengan kualitas CD yang masih baik dan bersih, installasi akan berlangsung singkat.

Distro ini telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang siap pakai diantaranya:

  • OpenOffice 2.2 (Write, Calc, Presentation, Database)

  • GIMP Image Editor

  • Mozilla Firefox dan Thunderbird

  • Pidgin 2.0.0 dan XChat

  • Java Runtime Environment 6.0

  • Amarok, Totem Media Player, dan MPlayer

Mint Daryna ini ternyata juga telah dilengkapi dengan Beryl dan Compiz, ditambah dengan aplikasi Envy untuk memudahkan instalasi driver ATI dan NVIDIA walaupun aplikasi ini bukanlah aplikasi resmi dari vendor tersebut. Beryl berjalan dengan baik walaupun terasa sangat berat di komputerku, namun ya sekedar rileks aja menikmati animasi Beryl.

Selain itu, Mint Daryna ini sudah terpasang ntfs-3g untuk membaca/menulis partisi NTFS dari Windows (dual-boot) dengan tambahan tools ntfs-config yang berfungsi memudahkan fasilitas penulisan partisi NTFS. Selain itu dengan aplikasi MintDisk lebih memudahkan lagi proses mounting.

Mint Daryna ini bisa dibilang sangat baik dan memang out-of-the-box, yang artinya aplikasi yang terinstall berjalan dengan baik untuk distro jenis LiveCD. Multimedia player sudah berjalan dengan baik untuk memutar koleksi mp3 atau menonton vcd/dvd. Firefox dan Thunderbird juga berjalan dengan baik, ditambah sudah adanya plugins Flash dan Java di Firefox. Chatting Yahoo Messenger dengan Pidgin (dulu bernama GAIM) dan XIRC sejenis dengan MIRC di Windows.

Distro ini bisa dikatakan sangat mudah untuk dioperasikan bagi kalangan pemula dan/atau yang ingin memulai belajar Linux. Kebanyakan pemula merasa bingung dengan berbagai varian Linux, mana yang akan dicoba. Nah, distro ini salah satu dari distro LiveCD yang mudah digunakan. Gambar-gambar screenshots bisa dilihat dari halaman screenshots Linux Mint.

Satu Tanggapan to “Linux Mint”

  1. menarik infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: